
DINAS PENDIDIKAN,
PEMUDA DAN OLAHRAGA
UPTD SMP NEGERI 1 GAMPENGREJO
Jl.
Panglima Sudirman 18 Gampengrejo Telp. 0354688839 Kode Pos 64182
KEDIRI
DISKRIPSI
TUGAS PANITIA ADIWIYATA
UPTD
SMP NEGERI 1 GAMPENGREJO
TAHUN
2011/2012
No
|
Jabatan
|
Deskripsi
Tugas
|
1
|
Penanggung Jawab
|
-
Bertanggung jawab terhadap seluruh
pelaksanaan Adiwiyata
|
2
|
Ketua
|
-
Menyusun konsep sukses Adiwiyata
-
Motivator dan fasilitator
pelaksanaan Adiwiyata
-
Mengkoordinir dan mengkondisikan
pelaksanaan Adiwiyata
|
3
|
Sekretaris
|
-
Koordinator penyusunan portopolio
Adiwiyata
-
Mendokumenkan pelaksanaan Adiwiyata
dilapangan
|
4
|
Bendahara
|
-
Bersama ketua merumuskan anggaran
Adiwiyata
-
Menyusun laporan anggaran Adiwiyata
|
5
|
Tim Portopolio
|
-
Membuat SK yang berkaitan dengan
kebijakan Kepala Sekolah.
-
Koordinasi dengan semua masyarakat
sekolah dalam rangka pengumpulan data adiwiyata.
-
Mendokumentasikan seluruh
pelaksanaan adiwiyata di lapangan sesuai dengan pos yang di tugaskan
-
Melengkapi data-data atau bukti
fisik sesuai dengan kuisioner yang ada.
|
6
|
Pokja penghijauan,
penataan taman, dan perawatan tanaman
|
-
Mengkapling taman sekolah serta membagi
tugas tanggung jawab taman sekolah bagi anggota pokja
-
Memunculkan kegiatan yang mendukung
penghijauan dan penataan taman dan ikon Adiwiyata.
-
Prioritas kerja :
v Pembenahan
taman depan Lab. Biologi
v Penataan
taman boga dan kebun sekolah
v Penataan
taman depan perpustakaan dan mushola
v Pengadaan
pot-pot di belakang kelas.
v Pengadaan
pot-pot di dalam kelas
v Mendata
jenis tanaman yang ada dalam taman.
v Mengadakan
pembelajaran pembibitan
v Mengadakan
Green House bersama pokja sarana
v Mengawasi
keadaan taman yang di pelihara kelas masing-masing.
|
7
|
Tanaman Obat Keluarga
(TOGA)
|
-
Pengadaan TOGA
-
Membentuk Tim TOGA
-
Menyusun data TOGA dan manfaatnya
- Membuat/mengolah/memasarkan
hasil TOGA
|
8
|
Penghijauan dan
Keanekaragaman Hayati flora dan Fauna
|
-
Mendata jenis tanaman dari:
Kebun
sekolah
Hutan
sekolah
Taman
sekolah
TOGA
yang ada
-
Memberi label (tulisan) pada tanaman
yang ada sekaligus memberi nama ilmiah.
-
Pengadaan Green house
-
Pengadaan fauna
|
9
|
Pokja sarana prasarana
|
-
Koordinasi dengan semua pokja dalam
rangka pengadaan sarana dan prasarana Adiwiyata
-
Koordinasi dengan wali kelas, siswa,
dan petugas tata laksana dalam rangka perawatan saluran air
-
Pembenahan saluran air dan
pemanfaatan air limbah
-
Mengkampling tanggung jawab
pengawasan selokan bagi anggota pokja
-
Prioritas kerja :
v Melaksanakan
pengecatan pohon palem di sekolah
v Melaksanakan
pengecatan sarana taman sekolah yang sudah pudar
|
10
|
Pokja pengolahan sampah
dan pengelolaan hasil sampah
|
1.
Komposting.
-
Membentuk tim dari siswa sebagai
petugas composting
-
Melaksanakan composting
-
Memasukkan/menyalurkan/ melaksanakan
pemupukan pada taman-taman, kebun sekolah, hutan sekolah dan TOGA.
-
Pengemasan pupuk/pengepakkan pupuk.
2.
Daur ulang Plastik
-
Membentuk tim dari siswa sebagai
petugas pemanfaatan limbah plkastik
-
Membina siswa untuk mengolah/membuat
limbah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat
-
Mengadakan/ ikut lomba pada
kegiatan-kegiatan hari jadi lingkungan hidup
-
Mendata/ menyimpan/memasukkan hasil
dari karya (pekerjaan tangan) siswa tersebut.
3.
Daur ulang kertas
-
Membentuk tim dari siswa sebagai
petugas pemanfaatan limbah kertas.
-
Membina siswa untuk mengolah/membuat
limbah kertas menjadi sesuatu yang bermanfaat.
-
Mengadakan lomba atau ikut pada
kegiatan-kegiatan hari besar atau hari jadi lingkungan hidup.
-
Mendata/ menyimpan/memasarkan hasil
karya siswa.
|
11
|
Pokja Polisi lingkungan
|
-
Sosialisasi Adiwiyata kepada siswa
-
Mengkondisikan situasi hijau,
bersih, tertib, santun, aman, dan nyaman
-
Merumuskan sanksi pelanggaran
Adiwiyata dan menindak pelanggaran yang bersifat mendidik
-
Memunculkan kegiatan yang dapat
memotivasi kepedulian siswa terhadap Adiwiyata
-
Mengupayakan tumbuhnya budaya positif
yang menjadi karakter ciri khas SMP Negeri 1 Gampengrejo
-
Prioritas kerja :
v Membentuk
kader lingkungan dan polisi lingkungan serta membagi pos kegiatan yang
menjadi tanggung jawab kader
v Menyusun
tata tertib Adiwiyata
v Menyusun
motto Adiwiyata
v Melaksanakan
budaya 5 S ( senyum, sapa, salam, santun dsan shodaqoh)
v Melaksanakan
program bersalaman dengan guru sebelum pembelajaran yang sudah menjadi ciri
sekolah
v Melaksanakan
program “bersih serentak “ 10 menit sebelum muali pembelajaran dan 10 menit
setelah pulang sekolah
v Koordinasi
dengan guru olahraga untuk melaksanakan program “10 menit berburu sampah
sebelum mulai olahraga”
|
12
|
Pokja kebersihan
|
-
Melaksanakan dan memantau kegiatan
Jum’at Bersih
-
Bersama guru olahraga melaksanakan
kegiatan Jum’at sehat
-
Membuat proposal pengadaan tempat duduk di kamar mandi siswa.
-
Memantau tempat sampah siswa, apakah
sampah sudah dipilah.
-
Memantau lingkungan kelas dan
halaman secara periodik.
-
Pengadaan piket oleh siswa di
toilet.
-
Koordinasi dengan wali kelas, kader
lingkungan, dan petugas tata laksana untuk mewujudkan kondisi bersih dan
sehat
|
13
|
Pokja Kesehatan
Lingkungan
|
-
Membentuk tim pokja kesehatan
-
Menyiapkan sarana-prasarana
kesehatan yang cukup
-
Bekerja sama dengan Puskesmas memberi
penyuluhan pada masyarakat sekolah tentang cara hidup bersih dan sehat
-
Mendata keluhan/sakit yang dialami
siswa
-
Memberikan solusi/cara terbaik untuk
melakukan tindakan selanjutnya jika terjadi sakit.
-
Memunculkan kegiatan yang dapat
mendukung kebersihan dan kesehatan masyarakat sekolah (menggerakkan UKS)
-
Prioritas kerja :
v Melaksanakan
Program UKS
v Menyusun
data-data UKS
|
14
|
Pokja Uji Kelayakan dan
Pengawasan Makanan (Kantin Sehat)
|
-
Bekerja sama dengan dinas kesehatan
member penyuluhan kepada petugas kantin mengenai jajanan yang memenuhi
syarat-syarat kesehatan
-
Pengawasan terhadap menu mamin di
kantin
-
Pembinaan terhadap kebersihan kantin
dan melengkapi administrasi data pembinaan
-
Memunculkan produk unggulan dari
pengelolaan kopsis
-
Memberi penyuluhan pada siswa agar
tidak mengkonsumsi jajan yang mengandung pengawet, pemanis, pewarna buatan.
|
15
|
Pokja penangkaran hewan
(flora fauna)
|
-
Mengusahakan penangkaran hewan
sebagai media pembelajaran LH
-
Mengupayakan perwatannya bersama
kader LH dan petugas tata laksana
-
Kerjasama dengan pokja sarana mewujudkan program perikanan
dengan pemanfaatan air limbah westafel kelas
|
16
|
Wali kelas
|
-
Menggerakkan kelas untuk peduli
Adiwiyata
-
Memunculkan kegiatan kelas yang
mendukung Adiwiyata
-
Mendampingi Jum’at bersih dan Jum’at
sehat secara rutin
-
Melengkapi data kelas
-
Prioritas kerja :
v Menyusun
daftar piket kelas
v Menyusun
daftar 7 K
v Membuat
visi sekolah dan ditempel didinding kelas
v Membuat
madding tema UKS dan Adiwiyata
v Menertibkan
piket kelas
v Membuat
jadwal merawat bunga pot dan bunga gantung
v Mengkonsep
dan membenahi taman depan kelas
v Mengupayakan
situasi bersih setiap saat
v Mengkondisikan
kegiatan kebersihan kebun belakang kelas
v Memprogramkan
pengecatan pot depan kelas
v Membangun
kebersamaan kelas untuk sukses Adiwiyata
|
17
|
Guru mata pelajaran
|
-
Membuat RPP terintegrasi PLH (pada
mata pelajaran yang ditunjuk)
|
18
|
Guru PLH
|
-
Membuat RPP PLH
-
Mengkondisikan pembelajaran praktik
dan teori
-
Mengembangkan model pembelajaran PLH
-
Mengembangkan materi PLH
|
19
|
Pembantu Umum
|
-
Melaksanakan kebersihan dan
perawatan tanaman sesuai kapling masing-masing
-
Mengusahakan situasi bersih dan
hijau setiap saat
-
Koordinasi dengan semua pokja untuk
membantu sukses Adiwiyata
|
20
|
Pengelola kantin
|
-
Menciptakan lingkungan bersih
disekitar kantin
-
Menyediakan menu sehat dan bersih
sesuai peraturan yang ditetapkan sekolah
-
Melengkapi kantin dengan imbauan dan
daftar menu yang dijual
-
Prioritas kerja :
v Melaksanakan
kebersihan bersama siswa pada saat Jum’at bersih
v Setiap
pagi sebelum buka kantin supaya membersihkan halaman dan lingkungan kantin
v Setiap
pulang sekolah membersihkan halaman
kantin dan lingkungan kantin
v Setiap
pulang wajib membuang sampah ke TPA
|
21
|
Satpam/penjaga malam
|
-
Mengkondisikan situasi tertib dan
aman
-
Menjaga dan mengamankan asset
sekolah
|
22
|
Pokja dokumentasi
|
-
Mendokumentasikan seluruh kagiatan
Adiwiyata
-
Koordinasi dengan seluruh pokja dan
unsur sekolah untuk memfasilitasi dokumentasi
-
Melengkapi portopolio dengan dokumen
foto
|
23
|
Pokja Posterisasi
|
-
Membentuk tim posterisasi dari siswa
-
Mengadaklan lomba poster tingkat
sekolah yang berkaitan dengan lingkungan.
-
Membuat dan memasang poster tentang
lingkungan di sekolah
-
Mengikuti lomba poster di luar
sekolah
-
Mendata siswa yang mengikuti lomba
poster
-
Mengarsipkan semua kegiatan
posterisasi
|
24
|
Pokja Pembinaan Mental
|
-
Membentuk tim Pembinaan mental
-
TIM bekerja sama dengan Pembina
mengadakan pembinaan mental secara berkala pada masyarakat sekolah tentang
pentingnya sekolah adiwiyata.
|
CATATAN : Diprogramkan rapat koordinator Pokja dan Tim Portopolio dalam rangka
Menyatakan langkah sukses adiwiyata.
Gampengrejo, 14 Desember 2010
Kepala UPTD SMP Negeri 1
Gampengrejo,
Dra. WIWIK SRI INDIARTI, M.Pd
Pembina Tk. I
NIP. 19571003 198111 2 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar