Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : UPTD SMP N 1 GAMPENGREJO
Mata Pelajaran : IPA(Biologi)
Kelas/Semester : IX/1
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk
hidup.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan kelangsungan
hidup melalui
adaptasi, seleksi alam, dan
perkembangbiakan.
Indikator : • Mengaitkan cara-cara adaptasi
pada hewan dan
tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki.
I. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
mampu
A. menjelaskan perbedaan adaptasi morfologi tumbuhan yang hidup di daerah air, kering
dan lembab yang ada di lingkungan bendung gerak waru turi.
II. Materi
Pokok
• Adaptasi
makhluk hidup terhadap lingkungan.
Adaptasi adalah kemampuan
makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Macam-macam Adaptasi
Ada banyak bentuk adaptif
tubuh makhluk hidup supaya dapat bertahan hidup, bentuk adaptif ini dapat
berupa struktur tubuh, warna tubuh, fungsi alat tubuh dan lain-lain, yang
semuanya bertujuan untuk membantu bertahan hidup. Walaupun ada banyak cara
makhluk hidup untuk beradaptasi tetapi secara garis besar adaptasi dibedakan
menjadi 3 yaitu: adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah
laku.
1. Adaptasi Morfologi
Adalah penyesuaian diri bentuk
tubuh atau alatalat tubuh sehingga sesuai dengan lingkungannya. Adaptasi
morfologi ini mudah kita amati pada hewan ataupun pada tumbuhan.Coba kalian
lakukan kegiatan berikut. Macam-macam adaptasi morfologi pada tumbuhan:
Tumbuhan ada yang hidup di darat, di air, di daerah kering dan daerah lembap,
karena tempat hidup yang berbeda-beda inilah maka tumbuhan mempunyai ciriciri
tertentu dalam rangka menyesuaikan diri terhadap lingkungan hidupnya. Berikut
macam-macam cara adaptasi tumbuhan:
a. Adaptasi tumbuhan yang
hidup di daerah kering (xerofit)
1) Daunnya tebal,
sempit,kadang-kadang berubah bentuk menjadi bentuk duri, sisik atau bahkan
tidak mempunyai daun, dengan demikian maka penguapan melalui daun menjadi
sangat sedikit.
2) Seluruh permukaan tubuhnya
termasuk bagian daun tertutup oleh lapisan kutikula atau lapisan lilin yang
berfungsi untuk mencegah terjadinya penguapan air yang terlalu besar.
3) Batangnya tebal mempunyai
jaringan spons untuk menyimpan air.
4) Akar panjang sehingga
mempunyai jangkauan yang luas.
b. Adaptasi tumbuhan yang
hidup di daerah lembap (higrofit)
1) Mempunyai daun yang tipis
dan lebar.
2) Permukaan daun mempunyai
banyak mulut daun atau stomata sehingga dapat mempercepat proses penguapan.
c. Adaptasi tumbuhan yang hidup di air (hidrofit)
Tumbuhan air yang terapung di atas air mempunyai rongga
antar sel yang berisi udara untuk memudahkan mengapung di air, daun lebar dan
tangkai daun menggembung berisi udara. Contoh: enceng gondok, kiambang Tumbuhan
air yang terendam di dalam air, mempunyai dinding sel yang kuat dan tebal untuk
mengurangi osmosis ke dalam sel. Contoh : Hydrilla,Vallisneria
Tumbuhan yang sebagian tubuhnya di atas permukaan air dan
akarnya tertanam di dasar air, mempunyai rongga udara dalam batang atau tangkai
daun sehingga tidak tenggelam dalam air dan daun muncul ke permukaan air.
Tumbuhan yang hidup di daerah pasang surut, mempunyai perakaran yang lebat dan
kuat sehingga tidak roboh bila terkena ombak. Contoh: tumbuhan bakau.
Macam-macam adaptasi morfologi pada hewan:
III. Metode
Pembelajaran
Metode
yang digunakan adalah
A. penugasan;
B. diskusi.
C. Pengamatan
lingkungan sekolah.
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1 ( 2 x 40’ )
Kegiatan Guru
|
Kegiatan siswa
|
Waktu
|
Pendahuluan:
|
|
|
Guru masuk kelas memberi salam,
mengabsen siswa, kemudian Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, ”Mengapa daun talas itu lebar?”
|
Siswa
memperhatikan dan salah satu siswa ditunjuk untuk menjawab
|
10’
|
Kegiatan Inti:
|
|
60’
|
2. Siswa diminta membentuk
kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta keluar kelas menuju
lingkungan sekolah untuk mengamati tanaman yang di minta di LKS,
mencatat hasil pengamatan, dan berdiskusi (LKS )
|
Siswa berkelompok melakukan penamatan di
lingkungan sekolah di luar kelas, mencatat hasil pengamatan, kemudian berdiskusi
|
|
2. Siswa diminta menjelaskan
pengertian dari adaptasi morfologi dan memberikan contoh disertai tentang
bentuk adaptasi morfologi pada tumbuhan.
|
Salah
satu siswa dari anggota kelompok yang ditunjuk menjawab
|
|
Penutup:
|
|
|
Guru mengarahkan siswa untuk
merangkum tentang bentuk adaptasi morfologi pada tumbuhan pada makhluk hidup.
|
siswa
merangkum tentang bentuk adaptasi morfologi pada tumbuhan.
|
10’
|
KEGIATAN 1 ADAPTASI MORFOLOGI PADA
TUMBUHAN
Tujuan
: Mengetahui perbedaan cara adaptasi morfologi pada
tumbuhan
Alat dan bahan : 1.
Tumbuhan teratai (
siswa disuruh mengamati tumbuhan
teratai yang ada
di bendung gerak waru turi Kediri) atau
enceng gondok (hidrofit)
2. Keladi atau talas (higrofit)
3. Macam-macam kaktus (xerofit)
4. Loup
Cara Kerja : 1. Amatilah tumbuh-tumbuhan yang ada, dalam
hal akar,
batang dan daun.
2.
Isilah table di bawah ini!
3.
Jawablah pertanyaannya!
Tabel hasil pengamatan ciri-ciri tumbuhan
NO
|
NAMA
TUMBUHAN
|
KEADAAN/BENTUK
|
AKAR
|
BATANG
|
DAUN
|
1
|
Teratai
|
|
|
|
2
|
Keladi
|
|
|
|
3
|
Kaktus
|
|
|
|
Jawblah pertanyaan di bawah ini!
- Apa perbedaan batang dan daun antara tumbuhan
hidrofit dan xerofit?
- batang
xerofit :
- batang hidrofit :
- daun
xerofit :
-daun
hidrofit :
- Mengapa tumbuhan xerofit memiliki akar yang panjang
daun seperti duri dan pada batang terdapat jaringan hidrodermis?
- Apakah
pada tumbuhan hidrofit akarnya berfungsi, jelaskan alasan jawabannya!
- Apakah fungsi rongga udara pada batang hidrofit?
- Samakah
cirri-ciri tumbuhan hidrofit dengan higrofit, jelaskan!
- Apa yang
dimaksud dengan tumbuha:
a. hidrofit
b. higrofit
c. xerofit
d. epifit
- Kesimpulan
dari kegiatan di atas adalah:
V. SUMBER BELAJAR:
1. Buku Biologi kelas 3
2. lingkungan yang
mendukung ( bendung gerak waru turi Kediri)
VI. PENILAIAN.
Standar Kompetensi : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk
hidup.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan kelangsungan
hidup melalui
adaptasi, seleksi
alam, dan perkembangbiakan.
Indikator : • Mengaitkan
cara-cara adaptasi pada hewan dan
tumbuhan
dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. menjelaskan perbedaan adaptasi morfologi tumbuhan yang hidup di daerah air, kering
dan lembab.
Teknik Penilaian: Tes
tulis
1.
Sebutkan cirri-ciri tumbuhan yang hidup di air!
2.
Sebutkan cirri-ciri tumbuhan yang hidup di empat
lembab!
- Mengapa
tumbuhan xerofit memiliki akar yang panjang daun seperti duri dan pada
batang terdapat jaringan hidrodermis?
- Apakah
fungsi rongga udara pada batang hidrofit?
- Samakah cirri-ciri tumbuhan hidrofit
dengan higrofit, jelaskan!
KRITERIA PENILAIAN.
B. Penilaian
Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati
seluruh kegiatan siswa satupersatu.Hasilnya
dicatat untuk dimasukkan dalam tabel
penilaian.Format penilaian kinerja sebagai berikut:
FORMAT PENILAIAN KINERJA
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester
: ....
NO
|
NAMA
|
ASPEK PENILAIAN
|
|
TINGKAT
KEAKTIFAN
0 -
30
|
KEMAMPUAN
BERDISKUSI
0 -
30
|
HASIL
KEGIATAN
0 -
40
|
JUMLAH
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1. Keterampilan
bertanya:
• merumuskan 5 pertanyaan dengan baik skor
30;
• merumuskan 4 pertanyaan dengan baik skor
24;
• merumuskan 3 pertanyaan dengan baik skor
18;
• merumuskan 2 pertanyaan dengan baik skor 12;
• merumuskan 1 pertanyaan dengan baik skor 6.
2. Keterampilan
berdiskusi:
• mengungkapkan 5 pendapat dengan baik skor
30;
• mengungkapkan 4 pendapat dengan baik skor
20;
• mengungkapkan 3 pendapat dengan baik skor
10;
• mengungkapkan 2 pendapat dengan baik skor
15;
• mengungkapkan 1 pendapat dengan baik skor
5.
3. Keterampilan
merangkum konsep penting:
• merumuskan 5 rangkuman konsep penting
dengan baik dan benar skor 40;
• merumuskan 4 rangkuman konsep penting
dengan baik dan benar skor 30;
• merumuskan 3 rangkuman konsep penting
dengan baik dan benar skor 20;
• merumuskan 2 rangkuman konsep penting
dengan baik dan benar skor 10;
• merumuskan 1 rangkuman konsep penting
dengan baik dan benar skor 5;
• tidak dapat merumuskan
rangkuman dengan baik dan benar skor 0.
C. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati
seluruh kegiatan siswa satupersatu. Hasilnya
dicatat untuk dimasukkan dalam tabel
penilaian. Format penilaian kinerja sebagai berikut:
Mengetahui, Dilaksanakan, ...........................
Kepala Sekolah Guru IPA/BIOLOGI
UPTD SMP N 1 GAMPENGREJO
TRISNO MULYO,
S.Pd.M.MPd
WIDODO SAYEKTI, S.Pd
Pembina Tk. I
NIP. 19710509 199703 2 006
NIP. 19591231 198202 1 025