Selasa, 15 Mei 2012

MATERI UNTUK SISWA


PENGERTIAN PROGRAM ADIWIYATA

            Program ADIWIYATA adalah salh satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian Lingkungan Hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.

 
Kata-kata ADIWIYATA berasal 2 kata Sansekerta : “ADI” dan “ WIYATA “. ADI mempunyai makna Besar, Agung, Baik, Ideal atau Sempurna. WIYATA mempunyai makna tempat dimana seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Bila kedua kata tersebut digabung secara keseluruhan “ ADIWIYATA “ mempunyai pengertian atau makna : Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju cita-cita pembangunan berkelanjutan.
 
TUJUAN PROGRAM ADIWIYATA

            Adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan menyadarkan warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
            Kegiatan Program ADIWIYATA adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli yang berbudaya lingkungan bagi Sekolah Dasar dan Menengah di Indonesia.

5 NORMA DASAR PROGRAM ADIWIYATA
1.     KEBERSAMAAN
2.     KETERBUKAAN
3.     KESETARAAN
4.     KEJUJURAN
5.     KEADILAN DAN KELESTARIAN FUNGSI LINGKUNGAN HIDUP DAN SUMBER DAYA ALAM
ISU GLOBAL ADALAH KABAR YANG TIDAK JELAS TETAPI MENYEBAR DI TENGAH MASYARAKAT / MASALAH YANG DIKEDEPANKAN UNTUK DI TANGGAPI SECARA UMUM DAN KESELURUHAN.
CONTOH ISU GLOBAL:

PEMANASAN GLOBAL


 ISU LOKAL ADALAH KABAR YANG TIDAK JELAS TETAPI MENYEBAR DI  
                    TENGAH MASYARAKAT / MASALAH YANG DIKEDEPANKAN UNTUK DI TANGGAPI SECARA KHUSUS
CONTOH ISU LOKAL:
1. 

 
IKON ADALAH SIMBOL YANG MENJADI KEBANGGAAN
IKON SEKOLAH ADIWIYATA
SMP NEGERI 1 GAMPENGREJO
Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kuli
 
VISI SEKOLAH :
“DENGAN IMAN DAN TAQWA UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL DALAM BERKARYA,  BERBUDAYA  DAN PEDULI LINGKUNGAN.”

MISI SEKOLAH
1.         Mewujudkan peningkatan iman dan taqwa warga sekolah.
2.         Mewujudkan peningkatan prestasi akademik dan non akademik bertaraf nasional.
3.         Mewujudkan manajemen berbasis sekolah ber-ISO 9001 tahun  .
4.         Mewujudkan warga sekolah yang memiliki kemampuan dalam mengoperasionalkan teknologi informasi dan komunikasi.
5.         Mewujudkan pembelajaran CTL yang PAIKEM GEMBROT.
6.         Menyediakan fasilitas pembelajaran yang memadai.
7.         Mewujudkan peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan.
8.         Mewujudkan sekolah yang memiliki budaya peduli terhadap lingkungan
9.         Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses belajar di kelas, di sekolah dan di luar sekolah  berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa.

.

SUASANA SEKOLAH

                                                    LORONG KELAS YANG RINDANG

                                          TAMAN SEKOLAH YANG SEJUK DAN HIJAU


                   HALAMAN BELAKANG . . NUN JAUH DISANA HUTAN SEKOLAH

MATERI ADIWIYATA

PENGERTIAN ADIWIYATA adalah Sekolah yang bersih, hijau, sehat, dan peduli lingkungan.
VISI adalah dengan iman dan taqwa, unggul dalam prestasi, trampil dalam berkarya, peduli dan berbudaya 
                    lingkungan.
MISI adalah mewujudkan warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
TUJUAN ADANYA GREEN HOUSE adalah untuk media pembelajaran dan untuk pembibitan toga dan
                                                                          taman.
TUJUAN ADANYA TAMAN adalah sebagai media pembelajaran dan untuk keindahan.
TUJUAN ADANYA FAUNA adalah sebagai media pembelajaran.

RPP BIOLOGI TERINTEGRASI LH


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                          : UPTD SMP N 1 GAMPENGREJO
Mata Pelajaran               : IPA(Biologi)
Kelas/Semester              : IX/1
Pertemuan Ke-               : 1
Alokasi Waktu                : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi      : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar         : 2.1 Mendeskripsikan kelangsungan hidup melalui
                                               adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.
Indikator                         : • Mengaitkan cara-cara adaptasi pada hewan dan
                                            tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki.
     
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A.    menjelaskan perbedaan adaptasi morfologi tumbuhan yang hidup di daerah air, kering   
dan lembab yang ada di lingkungan bendung gerak waru turi.

II. Materi Pokok
• Adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungan.
Adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Macam-macam Adaptasi
Ada banyak bentuk adaptif tubuh makhluk hidup supaya dapat bertahan hidup, bentuk adaptif ini dapat berupa struktur tubuh, warna tubuh, fungsi alat tubuh dan lain-lain, yang semuanya bertujuan untuk membantu bertahan hidup. Walaupun ada banyak cara makhluk hidup untuk beradaptasi tetapi secara garis besar adaptasi dibedakan menjadi 3 yaitu: adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku.
1. Adaptasi Morfologi
Adalah penyesuaian diri bentuk tubuh atau alatalat tubuh sehingga sesuai dengan lingkungannya. Adaptasi morfologi ini mudah kita amati pada hewan ataupun pada tumbuhan.Coba kalian lakukan kegiatan berikut. Macam-macam adaptasi morfologi pada tumbuhan: Tumbuhan ada yang hidup di darat, di air, di daerah kering dan daerah lembap, karena tempat hidup yang berbeda-beda inilah maka tumbuhan mempunyai ciriciri tertentu dalam rangka menyesuaikan diri terhadap lingkungan hidupnya. Berikut macam-macam cara adaptasi tumbuhan:
a. Adaptasi tumbuhan yang hidup di daerah kering (xerofit)
1) Daunnya tebal, sempit,kadang-kadang berubah bentuk menjadi bentuk duri, sisik atau bahkan tidak mempunyai daun, dengan demikian maka penguapan melalui daun menjadi sangat sedikit.
2) Seluruh permukaan tubuhnya termasuk bagian daun tertutup oleh lapisan kutikula atau lapisan lilin yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penguapan air yang terlalu besar.
3) Batangnya tebal mempunyai jaringan spons untuk menyimpan air.
4) Akar panjang sehingga mempunyai jangkauan yang luas.
b. Adaptasi tumbuhan yang hidup di daerah lembap (higrofit)
1) Mempunyai daun yang tipis dan lebar.
2) Permukaan daun mempunyai banyak mulut daun atau stomata sehingga dapat mempercepat proses penguapan.
c. Adaptasi tumbuhan yang hidup di air (hidrofit)
Tumbuhan air yang terapung di atas air mempunyai rongga antar sel yang berisi udara untuk memudahkan mengapung di air, daun lebar dan tangkai daun menggembung berisi udara. Contoh: enceng gondok, kiambang Tumbuhan air yang terendam di dalam air, mempunyai dinding sel yang kuat dan tebal untuk mengurangi osmosis ke dalam sel. Contoh : Hydrilla,Vallisneria
Tumbuhan yang sebagian tubuhnya di atas permukaan air dan akarnya tertanam di dasar air, mempunyai rongga udara dalam batang atau tangkai daun sehingga tidak tenggelam dalam air dan daun muncul ke permukaan air. Tumbuhan yang hidup di daerah pasang surut, mempunyai perakaran yang lebat dan kuat sehingga tidak roboh bila terkena ombak. Contoh: tumbuhan bakau. Macam-macam adaptasi morfologi pada hewan:





III. Metode Pembelajaran
Metode yang digunakan adalah
A. penugasan;
B. diskusi.
C. Pengamatan lingkungan sekolah.

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40’ )
Kegiatan Guru
Kegiatan siswa
Waktu
Pendahuluan:


Guru masuk kelas memberi salam, mengabsen siswa, kemudian Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan, ”Mengapa daun talas itu lebar?”
Siswa memperhatikan dan salah satu siswa ditunjuk untuk menjawab
10’
Kegiatan Inti:

60’
2. Siswa diminta membentuk kelompok, masing-masing kelompok terdiri atas empat siswa. Kemudian, siswa diminta keluar kelas menuju lingkungan sekolah untuk mengamati tanaman yang di minta di LKS, mencatat hasil pengamatan, dan berdiskusi (LKS )
Siswa  berkelompok melakukan penamatan di lingkungan sekolah di luar kelas, mencatat hasil pengamatan, kemudian berdiskusi

2. Siswa diminta menjelaskan pengertian dari adaptasi morfologi dan memberikan contoh disertai tentang bentuk adaptasi  morfologi  pada tumbuhan.
Salah satu siswa dari anggota kelompok yang ditunjuk menjawab

Penutup:


Guru mengarahkan siswa untuk merangkum tentang bentuk adaptasi morfologi pada tumbuhan pada makhluk hidup.
siswa merangkum tentang bentuk adaptasi morfologi pada tumbuhan.
10’

KEGIATAN 1                      ADAPTASI MORFOLOGI PADA TUMBUHAN
Tujuan                                : Mengetahui perbedaan cara adaptasi morfologi pada
                                              tumbuhan
Alat dan bahan                   : 1. Tumbuhan teratai ( siswa disuruh mengamati tumbuhan 
                                                 teratai yang ada di bendung gerak waru turi Kediri) atau
                                                  enceng gondok (hidrofit)                  
                                              2.  Keladi atau talas (higrofit)
                                             3. Macam-macam kaktus (xerofit)
                                             4. Loup
Cara Kerja                         :  1. Amatilah tumbuh-tumbuhan yang ada, dalam hal akar,
                                                  batang dan daun.
                                             2. Isilah table di bawah ini!
                                             3. Jawablah pertanyaannya!





Tabel hasil pengamatan ciri-ciri tumbuhan
NO
NAMA TUMBUHAN
KEADAAN/BENTUK
AKAR
BATANG
DAUN
1
Teratai



2
Keladi



3
Kaktus




Jawblah pertanyaan di bawah ini!
  1. Apa perbedaan batang dan daun antara tumbuhan hidrofit dan xerofit?
- batang xerofit                   :
- batang hidrofit                  :
- daun xerofit                     :
-daun hidrofit                    :
  1. Mengapa tumbuhan xerofit memiliki akar yang panjang daun seperti duri dan pada batang terdapat jaringan hidrodermis?
  2. Apakah pada tumbuhan hidrofit akarnya berfungsi, jelaskan alasan jawabannya!
  3. Apakah fungsi rongga udara pada batang hidrofit?
  4. Samakah cirri-ciri tumbuhan hidrofit dengan higrofit, jelaskan!
  5. Apa yang dimaksud dengan tumbuha:
a. hidrofit
b. higrofit
c. xerofit
d. epifit
  1. Kesimpulan dari kegiatan di atas adalah:

V. SUMBER BELAJAR:
    1. Buku Biologi kelas 3
    2. lingkungan yang mendukung ( bendung gerak waru turi Kediri)

VI. PENILAIAN.
    Standar Kompetensi      : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
    Kompetensi Dasar         : 2.1 Mendeskripsikan kelangsungan hidup melalui
                                                    adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan.

    Indikator                         : • Mengaitkan cara-cara adaptasi pada hewan dan
                                                tumbuhan dengan ciri-ciri khusus yang dimiliki.

 Tujuan Pembelajaran
     Siswa mampu
     A. menjelaskan perbedaan adaptasi morfologi tumbuhan yang hidup di daerah air, kering 
          dan lembab.

Teknik Penilaian: Tes tulis
1.      Sebutkan cirri-ciri tumbuhan yang hidup di air!
2.      Sebutkan cirri-ciri tumbuhan yang hidup di empat lembab!
  1. Mengapa tumbuhan xerofit memiliki akar yang panjang daun seperti duri dan pada batang terdapat jaringan hidrodermis?
  2. Apakah fungsi rongga udara pada batang hidrofit?
  3. Samakah cirri-ciri tumbuhan hidrofit dengan higrofit, jelaskan!
KRITERIA PENILAIAN.

B. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satupersatu.Hasilnya
dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian.Format penilaian kinerja sebagai berikut:

FORMAT PENILAIAN KINERJA
Hari/Tanggal : ....
Kelas/Semester : ....
NO
NAMA
ASPEK PENILAIAN

TINGKAT KEAKTIFAN
0 - 30
KEMAMPUAN
BERDISKUSI
0 - 30
HASIL KEGIATAN
0 - 40
JUMLAH
1





2





3





dst






Keterangan
1. Keterampilan bertanya:
• merumuskan 5 pertanyaan dengan baik skor 30;
• merumuskan 4 pertanyaan dengan baik skor 24;
• merumuskan 3 pertanyaan dengan baik skor 18;
• merumuskan 2 pertanyaan dengan baik skor 12;
• merumuskan 1 pertanyaan dengan baik skor 6.
2. Keterampilan berdiskusi:
• mengungkapkan 5 pendapat dengan baik skor 30;
• mengungkapkan 4 pendapat dengan baik skor 20;
• mengungkapkan 3 pendapat dengan baik skor 10;
• mengungkapkan 2 pendapat dengan baik skor 15;
• mengungkapkan 1 pendapat dengan baik skor 5.
3. Keterampilan merangkum konsep penting:
• merumuskan 5 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 40;
• merumuskan 4 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 30;
• merumuskan 3 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 20;
• merumuskan 2 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 10;
• merumuskan 1 rangkuman konsep penting dengan baik dan benar skor 5;
• tidak dapat merumuskan rangkuman dengan baik dan benar skor 0.
C. Penilaian Kinerja
Penilaian ini dilakukan dengan mengamati seluruh kegiatan siswa satupersatu. Hasilnya
dicatat untuk dimasukkan dalam tabel penilaian. Format penilaian kinerja sebagai berikut:



Mengetahui,                                                                         Dilaksanakan, ...........................
Kepala Sekolah                                                                    Guru IPA/BIOLOGI
UPTD SMP N 1 GAMPENGREJO




TRISNO MULYO, S.Pd.M.MPd                                WIDODO SAYEKTI, S.Pd
Pembina  Tk. I                                                            NIP. 19710509 199703 2 006
NIP. 19591231 198202 1 025