VISI SATUAN PENDIDIKAN
Untuk menggambarkan profil sekolah yang diinginkan
pada masa yang akan datang, maka dirumuskan visi UPTD SMP Negeri 1 Gampengrejo
adalah sebagai berikut:
“DENGAN IMAN
DAN TAQWA UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL DALAM BERKARYA, BERBUDAYA DAN PEDULI LINGKUNGAN.”
Indikator:
1.
Unggul dalam iman dan taqwa
2.
Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
3.
Unggul dalam ketrampilan
4.
Unggul dalam berkarya
5.
Unggul dalam berbudaya
6.
Unggul dalam kepedulian terhadap lingkungan
B. Misi Satuan Pendidikan
1.
Mewujudkan peningkatan iman dan taqwa
warga sekolah.
2.
Mewujudkan peningkatan prestasi akademik
dan non akademik bertaraf nasional.
3.
Mewujudkan manajemen berbasis sekolah
ber-ISO 9001 tahun .
4.
Mewujudkan warga sekolah yang memiliki
kemampuan dalam mengoperasionalkan teknologi informasi dan komunikasi.
5.
Mewujudkan pembelajaran CTL yang PAIKEM
GEMBROT.
6.
Menyediakan fasilitas pembelajaran yang
memadai.
7.
Mewujudkan peran serta masyarakat dan
dunia usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan.
8.
Mewujudkan
sekolah yang memiliki budaya peduli terhadap lingkungan
9.
Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses belajar di kelas, di sekolah dan di luar sekolah berbasis pendidikan
budaya dan karakter bangsa.
C. Tujuan Satuan Pendidikan
Mengacu pada visi dan misi
sekolah, serta tujuan umum pendidikan dasar, maka tujuan sekolah catur warsa kedua dalam kurun waktu empat tahun
kedepan dideskripsikan sebagai berikut.
1.
Melaksanakan sholat dhuhur berjamaah secara bergilir bagi
pemeluk agama Islam sejak tahun pertama pada catur warsa kedua.
2.
Melaksanakan sholat dhuha disela-sela waktu istirahat sejak
tahun pertama pada catur warsa kedua.
3.
Melaksanakan kebiasaan berinfak dan peduli lingkungan sosial
sejak tahun pertama catur warsa kedua.
4.
Melaksanakan peringatan hari-hari besar agama sejak tahun
pertama pada catur warsa kedua.
5.
Mencapai nilai akademik sama dengan atau di atas kriteria
ketuntasan minimal untuk semua siswa dan semua mata pelajaran secara bertahap
sampai tahun keempat pada catur warsa kedua.
6.
Mencapai nilai kelulusan sama dengan atau di atas batas
kriteria kelulusan untuk semua siswa kelas sembilan sejak tahun pertama pada
catur warsa kedua.
7.
Mencapai prestasi di bidang sains, olahraga, dan seni di
tingkat kabupaten pada tahun pertama, di tingkat propinsi mulai tahun kedua dan
di tingkat nasional pada tahun keempat pada catur warsa kedua.
8.
Mampu mengoperasikan komputer, LCD, dan download internet
bagi semua warga sekolah mulai tahun
pertama pada catur warsa kedua.
9.
Semua guru mampu membuat dan mengimplementasikan silabus dan
RPP yang berbasis pembelajaran CTL yang
PAIKEM GEMBROT secara bertahap mulai tahun pertama sampai tahun keempat pada
catur warsa kedua.
10.
Sekolah memiliki media pembelajaran untuk semua pelajaran
secara bertahap sejak tahun pertama pada catur warsa kedua.
11.
Sekolah memiliki sarana pendidikan yang lengkap secara
bertahap sampai tahun keempat pada catur warsa kedua.
12.
Sekolah memiliki standar administrasi sekolah sejak tahun
pertama pada catur warsa kedua.
13.
Sekolah memiliki jalinan kerjasama dengan penyandang dana sejak
tahun pertama pada catur warsa kedua.
14.
Sekolah mencapai standar pembiayaan dari berbagai sumber
sejak tahun pada catur warsa kedua.
15.
Semua warga sekolah
memiliki kesadaran dalam melestarikan lingkungan sekolah
secara bertahap sampai tahun kedua pada
catur warsa kedua.
16.
Semua warga sekolah
memiliki kesadaran dalam mencegah terjadinya pencemaran
secara bertahap sampai tahun kedua pada catur warsa kedua.
17.
Semua warga sekolah
memiliki kesadaran dalam mencegah kerusakan lingkungan
hidup secara bertahap sampai tahun kedua pada catur warsa kedua.
18.
Semua warga sekolah
mempunyai kreatifitas dalam memanfaatkan kembali, mendaur
ulang barang bekas dan menghemat/mengurangi pemakaian barang yang mencemari /merusak
lingkungan secara bertahap sampai tahun kedua pada catur warsa kedua.
19.
Semua guru mata
pelajaran mampu membuat dan mengimplementasikan RPP yang terintegrasi lingkungan hidup secara bertahap
sampai tahun kedua pada catur warsa kedua.
20.
Melaksanakan berbagai
kegiatan peduli lingkungan yang menjadi bagian dari pendidikan lingkungan hidup secara bertahap sampai
tahun kedua pada catur warsa kedua.
21. Semua guru mata pelajaran mampu membuat dan
mengimplementasikan RPP yang terintegrasi pendidikan budaya dan karakter bangsa
secara bertahap sampai tahun kedua pada catur warsa kedua.
22. Melaksanakan berbagai kegiatan dalam
proses belajar di kelas, sekolah,
luar sekolah berbasis pendidikan budaya
dan karakter bangsa sejak tahun pertama
pada catur warsa kedua.
23. Melaksanakan budaya sekolah yang
kondusif yang berbasis pendidikan
budaya dan karakter bangsa untuk mencapai tujuan pendidikan dasar
sejak tahun pertama pada catur warsa kedua.
24. Melaksanakan
berbagai kegiatan sosial yang menjadi bagian dari
pendidikan budaya dan karakter bangsa sejak
tahun pertama pada catur warsa kedua.